Contoh Bisnis Plang (Uasaha Jamur Krispi)

Dini Setyawati | 150401020027
Fakultas Ekonomika dan Bisnis 
Progam Studi Pendidikan Ekonomi
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1     LATAR BELAKANG
                Pada zaman sekarang ini banyak orang yang ingin menikmati makanan dengan cara simpel dan praktis, biasanya mereka lebih memilih membeli dari pada mengolah sendiri alasanya karena pertimbangan waktu, biaya dan tenaga yang mahal. Selain itu saya menyukai makanan yang tergolong makanan sebagai camilan ini, sehingga saya tertarik untuk membuat bisnis plan mengenai  jamur crispy. Didaerah saya juga belum terdapat toko yang menjual camilan sejenis ini. Dari pemikiran itu saya mempunyai ide untuk membuka usaha makanan ringan dalam bentuk kemasan, yaitu “ JAMUR CRISPY “ yang memiliki dua macam rasa yaitu rasa original dan rasa balado pedas manis. Selain itu produk yang saya produksi ini cenderung lebih enak, renyah, gurih, bernutrisi dan menyehatkan serta didukung daya beli yang bersahabat.
                Tidak hanya memiliki dua varian rasa saja. Apabila usaha saya ini sudah berkembang dan bisa membuka cabang usaha. Saya akan menambah banyak variaan rasa lagi yang saya sesuaikan dengan selera konsumen. Jadi usaha saya ini tidak monoton juga ada memiliki rasa ketertarikan tersendiri bagi pembeli.
                Dalam pembuatan jmur cripy ini semuanya dibuat dengan bahan yang halal dan aman dikonsumsi, kecuali bagi orang yang alergi terhadap jamur. Selain itu jamur crispy yang akan saya buat nanti pastinya sudah diperiksa melalui beberapa tahap pengecekan dan keamanan sehingga kualitasnya terjamin bagus.

1.2     MANFAAT
 Manfaat jamur crispy yang saya jual ini antara lain :
1)      Berkhasiat untuk mengobati
2)      Menyehatkan tubuh
3)      Mencegah darah tinggi dan meningkatkan daya tahan tubuh
4)      Mempermudahkan konsumen dalam menikmati makanan karena dalam bentuk kemasan.


BAB II
Keunggulan dari produk ini antara lain :
1)      Menggunakan bahan dasar berkualitas baik.
2)      Produk yang dihasilkan enak, renyah dan gurih.
3)      Tanpa bahan pengawet,
4)      Membeli bahan dasar langsung dari budidaya jamur.
5)      Mengandung kaya serat vitamin dan mineral.
6)      Berkhasiat untuk pengobatan dan menyehatkan tubuh.
2.2 TUJUAN PERENCANAAN BISNIS
1)      Melestarikan makanan khas indonesia kerena jamur sering dijumpai di indonesia.
2)      Menambah daya tampung tenaga kerja sehingga dapat mengurangi angka pengangguran.
3)      Menuangkan kreativitas dalam bentuk usaha yang menguntungkan.
4)      Menciptakan suatu mata pencaharian baru.
     Harapan ke depan dari usaha saya ini yaitu usaha saya dapat bersaing dengan perusahaan lainya, dapat berkembang dan berjalan lancar sesuai keinginan. Selain itu saya dapt mengasilkan keuntungan yang besar dan yang paling utama impian yang ingin di capai di masa depan yaitu menjamin kesuksesan jangka panjang.
2.4  MISI PERENCANAAN BISNIS
Untuk mewujudkan visi usaha tersebut saya melakukan beberapa tindakan yaitu :
1)      melayani konsumen dengan baik dan tidak mengecewakan
2)       mengutamakan kualitas produk
3)       menciptakan produk dengan tampilan yang menarik
4)      Menetapkan harga yang tejangkau
5)      Meningkatkan kegiatan promosi
6)      Membuka cabang dibeberapa kota agar produk ini dikenal khalayak umum.
BAB III
3.1  ANALISA PERENCANAAN PELUANG USAHA
           Peluang usaha jamur crispy ini masih sangat luasa karena belum banyak perusahaan yang memproduksi jmur crispy , selain itu jamur juga dipercaya akan manfaatnya karena mengandung kaya serat vitamin dan bebas kolesterol. Oleh karena itu banyak konsumen yang tertarik dengan kuliner jamur crispy ini untuk menghindari makanan yang mengandung kolesterol misalnya daging, dengan analisa tersebut saya mempunyai banyak kesemptan yang luas untuk membuka usaha serta dapat bersaing dengan perusahaan yang lain.
           Untuk menganalisis dalam penentuan apakah usaha saya ini layak dari segi bisnis saya menggunakan analisis SWOT yaitu yang terdiri atas :
1.      STRENGHT (Kekuatan)
1)      Bahan baku yang mudah didapat dan murah.
2)      Harga jual relatif stabil, sehingga resiko kerugian sangat kecil.
3)      Bisa dijalankan oleh siapa saja karena tidak melihat latar belakang pendidikan, asalkan ada kemauan dan keseriusan pasti bisa berjalan dan sukses.
4)      Produk yang dihasilkan dapat bertahan lama.
5)      Memiliki kemasan yang ramah lingkungan.
6)      Mendapat potongan harga apabila membawa kemasan member dari produk toko saya.
2.      WEAKNES (Kelemahan)
1)      Jamur mudah busuk sehingga dapat menurunkan kualitas jamur..
2)      Jika terjadi perubahan cuaca atau suhu bisa mengakibatkan penurunan kualitas produk.
3.      OPPORTUNITIES (Peluang)
1)      Banyak orang Indonesia yang menyukai jenis makanan vegetarian.
2)      Memberikan keuntungan yang cukup besar.
3)      Peluang cukup besar untuk dikembangkan, karena masih sedikit perusahaan yang mendirikan jamur crispy ini.

4.      THREATS (Ancaman)
1)      Produk mudah ditiru.
2)      Terbatasnya bahan-bahan yang dibutuhkan.
3)      Banyak pesaing yang menawarkan harga lebih murah.
BAB IV
                                                                        MARKETING MIX
            Makanan yang saya produksi yaitu jamur crispy dalam bentuk kemasan yang memiliki kualitas terbaik, dengan nilai gizi yang tinggi yang sekaligus dapat menyehatkan dan berkhasiat obat. Jamur yang saya produksi mempunyai ciri khas yaitu crispy atau renyah gurih dan enak, jamur crispy mempunyai dua macam rasa dan mengandung protein tinggi, produk ini termasuk produk makanan ringan.
            Dalam menentukan harga produk saya menetapkan harga yang tepat agar mampu bersaing dengan perusahaan lain dan dipasaran serta dapat dijangkau oleh konsumen, saya menetapkan harga satu bungkus yaitu Rp. 5.000,- Selain itu harga tersebut sangat mendukung daya beli konsumen.
Saya mempromosikan produk dengan melalui brosur dan bertatap muka langsung dengan konsumen yaitu dengan menjelaskan manfaat dan keunggulan produk, selain itu pemberian potongan harga jika pembelian dalam jumlah besar sehingga banyak konsumen yang tertarik untuk membeli.
            Tempat usaha yang saya pilih yaitu memiliki kriteria strategis, dimana calon konsumen ramai, bisa diakses dengan mudah seperti pasar tradisional, supermarket dan kantin sekolah.


            Sistem distribusi yang saya pilih ada dua macam cara yaitu secara langsung dan tidak langsung. Secara langsung dengan bertatap muka dan tidak langsung dengan melalui perantra misalnya dalam bentuk pesanan.


BAB V
PROSES
§  Baskom atau wadah bumbu 1 paket
§  Kompor gas 2 tungku 1 buah
§  Wajan 1 buah
§  Serok penggoreng dan pengering , masing-masing 1 buah
§  Penyaring minyak 2 buah
§  Tempt sampah 1 buah
§  Jamur tiram 1 kg
§  Tepung beras 250 gram
§  Tepung maizena 10 gram
§  Tepung sajiku 100 gram
§  Bawang putih 6 biji
§  Garam 2 sendok teh
§  Rempah rempah secukupnya
§  Minyak goreng ½ kg
§  Balado pedas manis secukupnya.
Ø  Siapkan semua bahan dan peralatan.
Ø  Pertama-tama cuci jamur sampai bersih.
Ø  Haluskan bawang putih dan garam , kemudian tambahkan air hangat scukupnya.
Ø  Masukkan jamur kedalam bumbu yang telah diberi air , kemudian rendam jamur beberapa menit . lalu angkat dan tiriskan
Ø  Tepung beras, tepung maizena, tepung sajiku, dicampurkan  tambah rempah-rempah secukupnya kemudian aduk sampai rata.
Ø  Setelah jamur ditiriskan suwir-suwir jamur sesuai selera, lalu jamur diguling-guingkan pada tepung yang sudah dicampurkan, ulangi sekali lagi sampai jamur habis.
Ø  Panaskan minyak goreng , lalu goreng jamur sampai berwarna kunign kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
Ø  Tunggu agak dingin lalu berikan bumbu atau perasa yaitu original dan balado pedas manis.
Ø  Kemudin bungkus dan berikan label.
Ø  Jamur crispy siap untuk dijual dalam bentuk kemasan.
















BAB VII
1.      Bahan baku                            
·         Jamur Tiram 1 kg                                                                                  Rp. 15.000
2.      Bahan pembantu
·         Tepung beras 250 gram                                                                         Rp. 4.000
·         Tepung maizena 10 gram                                                                      Rp. 2.000
·         Tepung sajiku 100 gram                                                                        Rp. 2.000
·         Minyak goreng ½  liter                                                                          Rp. 6.000
·         Garam secukupnya                                                                                Rp. 1.000
·         Bawang putih 6 biji                                                                               Rp. 3.000
·         Rempah-rempah secukupnya                                                                Rp. 1.000       
·         Balado pedas manis 1 bungkus                                                             Rp. 4.000        +
                                       Total                                                                                       Rp. 23.000
3.      Biaya produksi
·         Karyawan                                                                                             Rp. 10.000
·         Transportasi                                                                                           Rp. 7.000
·         Pembungkus ½ kg                                                                                 Rp. 3.000
·         Label                                                                                                     Rp. 1.000
·         Brosur                                                                                                   Rp. 4.000
·         Lilin                                                                                                      Rp. 1.000
·         Lpg                                                                                                       Rp. 7.000      +
                                                       Total                                                                   Rp. 33.000       +
Harga pokok produksi                                                                                     Rp.71.000
Laba yang diinginkan 25% X Rp.71.000                                                                  Rp. 17.750 +
Harga jual sebelum pajak                                                                                           Rp.88.750
PPN 10 % X Rp. 88.750                                                                                             Rp. 8.875 +
Harga jual                                                                                                                                Rp. 97.625
Dari bahan setelah diproses akan menghasilkan 20 bungkus
Harga per bungkus  = 4881,25 dibulatkan =Rp 5.000

Laba kotor           = harga jual setelah pajak x jumlah produk
                                                = 5.000 X 20 = Rp. 100.000
Laba bersih          = laba kotor – biaya keseluruhan
                                                = Rp. 100.000- Rp. 71.000
                                    = Rp. 29.000

BAB VIII
PENUTUP
8.1 KESIMPULAN
            Kesimpulan yang dapat saya ambil dari tugas bisnis plan “ Jamur Crispy” ini yaitu dalam membuka suatu usaha supaya dapat berkembang dan berjalan lancar, seseorang harus mempunyai keinginan dan usaha yang serius untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi agar menjamin kesuksesan jangka panjang. Setelah lulus saya sangat ingin menjadi seorang guru dimana pekerjaan seorang guru sejatinya pekerjaan yang mulia. Karenanya, ia selalu ingin mencerdaskan para generasi penerus bangsa. Selain itu saya berkeinginan untuk membuka usaha atau berwiraswasta agar hidup tidak tergantung pada orang lain malah memberikan orang lain lapangan pekerjaan yang baru.
8.2 SARAN
            Dengan adanya bisnis plan seorang mahasiswa diharapkan sudah memiliki rencana kedepannya setelah lulus nanti. Sehingga mereka langsung bisa menjalankan bisnis yang diinginkan selama ini. Untuk menjadi pengusaha yang sukses kita harus disiplin, tidak menunda-nunda waktu, berusaha dengan tekun dan berani menanggung resiko yang mungkin terjadi, mempunyai pengetahuan yang luas dan menguasai bidang usaha yang sedang digeluti serta tidak pantang menyerah.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Bimbingan Dan Konseling

Materi Ekonomi Publik (Eksternalitas)